Senin, 23 September 2013

Testimoni Kuliah Online Psikologi Belajar Tanggal 19 September 2013


Kuliah online, sebelumnya merupakan metode yang digunakan pada mata kuliah psikologi pendidikan , dengan metode penggunaan Gmail serta chats, dimana penggunaan group chat menjadi sarana diskusi pada materi pembelajaran.

Berikut testimoni mengenai kuliah online tanggal 19 september, pukul 16.00 sampai 18.00:

Pada dasarnya kuliah online kali ini berlangsung dengan suasana yang berbeda karena heterogenitas angkatan mahasiswa yang bergabung. Dari abang-kakak angkatan 2010 sampai angkatan 2012. Maka dari itu kuliah online semakin terasa dan semakin bervariasi. Pada akhirnya kuliah online membahas mengenai teori behaviorisme dan gestalt, dan didiskusikan dengan metode pemberian opini dari seluruh mahasiswa yang bergabung dalam kuliah online. Walaupun terkadang ada gangguan jaringan, dan tentu saja resiko pada saat kuliah online lebih tinggi, tetap saja efisiensinya sangat terevelasi.

Kuliah online merupakan inovasi dan terobosan baru, dimana kita bisa saling terhubunga dimana saja, membuat focus group dan memulai diskusi. Padahal jika ditinjau dari segala kondisi, kuliah online ini bisa menjadi sarana dan solusi bagi pembelajaran yang mengutamakan ketepatan dan kecepatan dalam studi terutama dalam membahas materi tertentu. Misalnya pada pembahasan mengenai teori belajar behaviorisme dan gestalt dapat didiskusikan secara fleksibel, dan praktis karena hasil dari diskusi dapat langsung di record melalui verbatim. 

Kuliah online kali ini membahas mengenai behavioristik dan gestalt (teori belajar) dimana terdapat beberap diskusi mengenai pengaplikasian terhadap dua teori tersebut serta pengertian dari beberapa istilah secara menyeluruh. Pada beberap diskusi kami saling memberikan opini dan contoh seperti bagaimana teori gestalt dalam frekuensi kemunculannya dalam kehidupan, juga bagaimana teori behavioristik menolong kita dalam membentuk perilaku.

Akhir dari diskusi, kami masih terus memberikan opini mengenai apa yang sebenarnya didapat dari diskusi dan juga mengenai teori yang kami diskusikan. Kami menyadari bahwa sebenarnya kedua teori tersebut sangat aplikatif dan juga sangat mudah untuk diaplikasikan pada situasi apapun. Sehingga pada penerapannya terutama dalam konteks pembelajaran,  kami yakin bahwa kedua teori tersebut sangatlah cocok bila diterapkan pada satu kesatuan.

Lain jika dibandingkan dengan kuliah konvensional dimana harus memberikan waktu dan tempat serta fasilitas yang mumpuni, hanya bermodalkan gadget dan koneksi internet maka kita dapat menyelesaikan proses untuk bergabung di kuliah online dan masuk kedalam percakapan grup yang telah ditentukan secara tepat. Kelebihan yang lain adalah opini dari setiap peserta kuliah online akan dapat terserap dengan baik pada setiap peserta kuliah online, sehingga pada akhirnya seluruh peserta kuliah online dapat memahami apa yang sebenarnya dibahas dan juga membandingkan opini mereka pada satu wadah yang cepat dan tepat.

Satu mekanisme yang paling menarik adalah bagaimana hasil percakapan dapat langsung dikirim dan di feedback. Hal ini juga memberikan efisiensi waktu dan juga usaha. Dimana pada akhirnya segala yang dikerjakan dapat direview ulang dan proses pengerjaannya sangatlah transparan.  Pendapat-pendapat yang terdapat pada hasil pengerjaan juga cenderung jujur tanpa adanya proses pengeditan sehingga benar-benar mirip seperti sedang kuliah tatap muka namun berlangsung secara terpisah.

Lalu, jika ditinjau ulang, proses kuliah online demi mendapatkan ilmu, serta nilai adalah proses reward and punishment dari teori behavioral. Sedangkan keseluruhan persepsi kami dalam diskusi tersebut bila disatukan maka akan menjadi satu kesatuan utuh sehingga dapat dikategorikan sebagai kesatuan yang dapat dimengerti menjadi Ilmu pengatahuan (gestalt)

Overall, kuliah obline Psikologi Belajar, sangat berciri khas.

0 komentar:

Posting Komentar