Kuliah online, sebelumnya merupakan metode yang digunakan
pada mata kuliah psikologi pendidikan , dengan metode penggunaan Gmail serta
chats, dimana penggunaan group chat menjadi sarana diskusi pada materi
pembelajaran.
Berikut testimoni mengenai kuliah online tanggal 19
september, pukul 16.00 sampai 18.00:
Pada dasarnya kuliah online kali ini berlangsung dengan
suasana yang berbeda karena heterogenitas angkatan mahasiswa yang bergabung.
Dari abang-kakak angkatan 2010 sampai angkatan 2012. Maka dari itu kuliah
online semakin terasa dan semakin bervariasi. Pada akhirnya kuliah online
membahas mengenai teori behaviorisme dan gestalt, dan didiskusikan dengan
metode pemberian opini dari seluruh mahasiswa yang bergabung dalam kuliah
online. Walaupun terkadang ada gangguan jaringan, dan tentu saja resiko pada
saat kuliah online lebih tinggi, tetap saja efisiensinya sangat terevelasi.
Kuliah online merupakan inovasi dan terobosan baru, dimana
kita bisa saling terhubunga dimana saja, membuat focus group dan memulai
diskusi. Padahal jika ditinjau dari segala kondisi, kuliah online ini bisa
menjadi sarana dan solusi bagi pembelajaran yang mengutamakan ketepatan dan
kecepatan dalam studi terutama dalam membahas materi tertentu. Misalnya pada
pembahasan mengenai teori belajar behaviorisme dan gestalt dapat didiskusikan
secara fleksibel, dan praktis karena hasil dari diskusi dapat langsung di
record melalui verbatim.
Kuliah online kali ini membahas mengenai behavioristik dan
gestalt (teori belajar) dimana terdapat beberap diskusi mengenai pengaplikasian
terhadap dua teori tersebut serta pengertian dari beberapa istilah secara
menyeluruh. Pada beberap diskusi kami saling memberikan opini dan contoh
seperti bagaimana teori gestalt dalam frekuensi kemunculannya dalam kehidupan,
juga bagaimana teori behavioristik menolong kita dalam membentuk perilaku.
Akhir dari diskusi, kami masih terus memberikan opini
mengenai apa yang sebenarnya didapat dari diskusi dan juga mengenai teori yang
kami diskusikan. Kami menyadari bahwa sebenarnya kedua teori tersebut sangat
aplikatif dan juga sangat mudah untuk diaplikasikan pada situasi apapun. Sehingga
pada penerapannya terutama dalam konteks pembelajaran, kami yakin bahwa kedua teori tersebut
sangatlah cocok bila diterapkan pada satu kesatuan.
Lain jika dibandingkan dengan kuliah konvensional dimana
harus memberikan waktu dan tempat serta fasilitas yang mumpuni, hanya
bermodalkan gadget dan koneksi internet maka kita dapat menyelesaikan proses
untuk bergabung di kuliah online dan masuk kedalam percakapan grup yang telah
ditentukan secara tepat. Kelebihan yang lain adalah opini dari setiap peserta
kuliah online akan dapat terserap dengan baik pada setiap peserta kuliah
online, sehingga pada akhirnya seluruh peserta kuliah online dapat memahami apa
yang sebenarnya dibahas dan juga membandingkan opini mereka pada satu wadah
yang cepat dan tepat.
Satu mekanisme yang paling menarik adalah bagaimana hasil
percakapan dapat langsung dikirim dan di feedback. Hal ini juga memberikan
efisiensi waktu dan juga usaha. Dimana pada akhirnya segala yang dikerjakan
dapat direview ulang dan proses pengerjaannya sangatlah transparan. Pendapat-pendapat yang terdapat pada hasil
pengerjaan juga cenderung jujur tanpa adanya proses pengeditan sehingga
benar-benar mirip seperti sedang kuliah tatap muka namun berlangsung secara
terpisah.
Lalu, jika ditinjau ulang, proses kuliah online demi
mendapatkan ilmu, serta nilai adalah proses reward and punishment dari teori
behavioral. Sedangkan keseluruhan persepsi kami dalam diskusi tersebut bila
disatukan maka akan menjadi satu kesatuan utuh sehingga dapat dikategorikan
sebagai kesatuan yang dapat dimengerti menjadi Ilmu pengatahuan (gestalt)
Overall, kuliah obline Psikologi Belajar, sangat berciri
khas.
0 komentar:
Posting Komentar