Kamis, 21 Maret 2013

MY GUITAR HERO, MY INSPIRATION, SOMEONE TO BEAT UP!


Hai hai! back to my blog!
Kali ini saya mau ngasi fakta-fakta tentang siapa gitaris-gitaris di dunia yang paling saya suka dan berusaha tiruin (setidaknya sampe saya dapat ciri khas sendiri..)

Mereka yang saya pilih ini  punya ciri khas dan kelebihan sendiri dalam main gitar (no wonder aight?)

dari mulai saya dulu smp, sampai sekarang ini..


langsung aja kita cek yaa siapa2 ajaa..


shazam! here it is! watch out 4 their licks!


1. jaman awal smp, please welcome yngwie j. malmsteen!
 

 yap, jaman awal  smp dulu saya di "dorong" supaya bermain cepat, cepat sampe bner2 cepat..
yngwie malmsteen ga bisa di pungkiri salah satu gitaris paling cepaat di dunia (bukan larinya tapi main gitarnya hhehe) dia pasti selalu pake  teknik arpeggio trus sweep picking.. parahnya dia pake gitar fender yang biasa dipake ngeblues atau jazz, bukan main cepat.. (emang gila si kawan ni). sampe sekarang dia masi solo album.

jujur saya ga terlalu ambil nada2 malmsteen, apalagi sekarang. tapi aku ga bisa nyangkal kalo arpeggio saya mungkin ampe sekrang sedikit terpengaruh sama si atok speed ini.. respect malmsteen!


2
. jaman pertengahan smp (menjelang akhir)     the cool one from avenged sevenfold, Synyster gates! 


yeah banyaaak kali gitaris yang suka ma syn gates terutama karena style dia main gitar di panggung.. mulai dari naik satu kaki, tremolo di lepasin, make gitar rendah, termasuk cara dia buat gitar dia berdengung ciri khas dia. (bahkan rambut sama jacketnya dah keren kali.
Gitar dia schecter, gitar metal modern, tapi dia custom jadi keren. pkoknya menurut saya dy gitaris yang paling stylish.


dia bermain cepat, tapi melodius. mungkin blum bisa dibIlang paling cepat, tapi dia emang bner2 berpengaruh di dunia metal modern. dia pake alternate picking kyk john petrucci (nanti tau petrucci siapa), arpeggio murni dari akord, trick2 tremolo yang keren,dan ngambil nada2nya pinter. 

kalo dari synyster gates, saya kebanyakan make buat aksi panggung atau style pas manggung. trus saya pingin ambil nada nada atau riff2 gitar dari dia. speednya juga banyak sampel2 yang saya tiruin terutama yang simpel. 

buat syn cuma satu kata baik dari style sama mainnya:
KEREEEN \m/


3. jaman akhir smp-awal sma, the most inspiring guitar hero for me, please stand out for the undeniable amazing, the mastermind of dream theater, John Petrucci!  


 Yap ini dia gitaris yang paling saya suka sepanjang masa. dia bakal terus masuk ke dalam daftar list gitaris yang aku suka.
john petrucci, pake gitar ernieball musicman, dia dikenal sebagai salah satu gitaris terbaik dunia, dan shredder no. 6 tercepat di dunia. (dewa ini, dewa)

ciri khas dia, main gitarnya ga rendah, selalu naikin kaki kalo mainin lick cepat, jarang pake tremolo, mainin ritem2 yg progress (baca:rumit) dan mungkin,, kalem.


cara main dia termasuk elegan, melodinya bagus bagus kali, soulnya dia punya ciri khas sendiri. dia seimbang dalam memakai teknik2 speed tapi yang paling unggul alternate picking dia yang cepet kali (diatas rata2) ini yang buat dia bisa bikin suara brrbrbrurruuru gitu dari gitarnya (hahaha dengerin deh pasti ngerti). dia terkadang make unsur2 orkestra di melodinya, ga terlalu mentingin teknik, tapi kejeniusan dalam buat melodi, intinya dia tau kapan harus nge speed, soul n sgala macem. oya dia juga kadang masukkin unsur jazz di melodinya. saya ambil nada2 dy terutama kromatiknya sama alternate picking dia (tapi ga secepet dia sih, belum). mungkin soundnya juga. salut selalu buat JP.. you rock dude!! 


4.  jaman awal sma, the one that can make guitar soaring unpredictable sound, please welcome, Steve Vai! 

Ini dia yg namanya vai, dia salah satu gitaris terbaik dunia juga (malah ada yg bilang peringkat satu) dia terkenal sebagai gitaris dengan teknik terlengkap. dia pake gitar ibanez jem. set panggungnya mewah dan biasanya dia solo.

cara mainnya EKSTRIM! gila dia pake tremolo gila2an, ngatur harmoni secara cepat, pemakaian mode lydian dikombinasikan sama teknik slide yg unik. satu lagi, tapping dia yang bner2 ngalir. trus penghayatan dia juga bagus.


sbnernya saya ga terlalu banyak niru dari vai. nada2 saya ga saya ambil dari dia. satu2nya yang saya ambil cuma tappingnya yg mnurut saya kurang ajar hhehe.. selain itu paling ga ada. tapi kita harus give it up lha sama vai. dia memang ga bisa di elakkan!


5. pertengahan sma. welcome to the jazz rock era! please close ur eyes for the genius of jazz rock, Allan holdsworth!


Oke Sbelumnya saya mau bilang banyaaaak kali gitaris jazz rock yang saya suka, contoh: GREG HOWE, TONY MACALPINE, AL DI MEOLA, dan lain-lain.
tapi yang mnurut saya bner2 mainnya luar biasa trus buat aku jatuh hati sama jazz rock ya si professor ALLAN HOLDsWORTH  Ini..


meskipun udah tua dan ga terlalu famous di mainstream, dia salah satu gitaris jazz rock yang paling di hormati. ciri khas dia melodi yang bner2 belok dan ga bisa di duga, penghayatan dia yang bkin kesel (dia main trkadang sambil tutup mata..) trus speed dia kombinasi sweep, alternate picking ma legato. hampir ga bisa bedain mana legato ma alternate p. dia karena halus kali mainnya. dia biasanya main akord kayak suara synth gitu. akordnya yg aneh nunjukin dia bner2 anggota LUAR BIASA JENIUS. dia make gitar headless, tapi kadang dia sering  pake gitar snythaxe (cek di internet)  trus biasanya main gitarnya ga rendah karna jarinya kayak genggam fret gitu.

 well saya ambil dari dia paling cuma melodi beloknya aja, lick2 jazzrocknya, mungkin sama legatonya yg keren itu. saya juga suka soul dia sama soundnya.  Saya harap saya bisa sampai main kayak si kakek jazz rock ini.. (amiin) 
6. masa kuliah. Waving the earmarks of fingers, the time has come to find some new beasts. But please step aside for the Italian tapping master, Danielle Gottardo!

Jaman saya kuliah memang sibuk dengan mencari ciri khas, saya iseng-iseng mencoba mencari gitaris apa yang cocok jadi panutan. Dan ternyata si orang Italia ini yang bisa lumayan mewakili sound nada dan teknik yang seimbang. Apa sih yang keren dari seorang Danielle Gottardo?

Dia bisa tapping 8 jari! Dengan distorsi! Ciri khas dia yang utama adalah tekniknya yang sangat unik dan hampir semua gitaris tidak bisa menirukannya. Dia menggunakan seluruh 8 jarinya untuk menunjukkan skillnya, dan yang lebih gilanya lagi, nada tappingnya ngejazz. Ini yang membuat saya tergila-gila sampai sekarang dengan gaya permainannya.
Dia pakai gitar fender merah, pickupnya khusus, dan cirri khas gitar dia punya headband di ujung kepala gitarnya untuk melakukan tekniknya. Dan saya juga menirunya dengan menggunakan headband juga. Untuk style dia manggung cenderung sangat ekspresif. Tangannya bisa kemana-mana dan sangat tidak bisa ditebak, konsep musik abstrak, nadanya sangat lembut tapi dia tau kapan harus mengeluarkan nada yang ekspresif. Dia sangat lihai dalam menggunakan teknik 8 finger tapping tersebut, dan merupakan juara guitar idol 2008 bersama Jack Thammarat (gaya permainan melodius). Yang pasti, Danielle Gotardo sudah memiliki fanbase, klinik dan juga site gitar serta signature series untuk dia sendiri. Nada yang jenius dan speed yang sangat berbahaya! Danielle Gottardo got my vote!

yap itu dia gitaris2 favorit saya. sbnernya masi banyak lagi, tapi mnurut saya best of the bestnya ya mereka. give it up for those guys!

kalo gitaris luar, saya juga suka : ANDI TIMMONS, BUCKETHEAD, SHAWN LANE.

kalo gitaris lokal saya mungkin suka: ANDRA, DEWA BUDJANA, TOHPATI, .dan BALAWAN!

Tidak ada yang tidak mungkin, bila percaya, percaya dan percaya.


 

psychology hints: dalam teori belajar kognitif kita juga mengenal MODELLING dimana proses terbentuknya perilaku berdasarkan pengamatan. Maka pada dasarnya dalam setiap hobi bahkan segala perilaku yang kita lakukan terkadang meniru hal-hal tertentu. Dalam hal ini, para gitaris yang menjadi panutan adalah pemberi modeling tersebut. Dan terjadilah proses pembelajaran kognitif yang efektif.

itu aja dulu yaa.. moga bisa jadi inspirasi! enjoy, take ur time, keep jazzin keep rock it out! 

0 komentar:

Posting Komentar