- Implikasi dari asumsi tentang konsep diri
- Iklim belajar, perlu diciptakan sesuai dengan keadaan orang dewasa. à ruangan, peralatan, kerja sama yang saling menghargai.
- Peserta diikutsertakan dalam mendiagnosis kebutuhan belajarnya.
- Peserta dilibatkan dalam proses perencanaan belajarnya.
- Evaluasi belajar dalam proses belajar secara andragogik menenkankan kepada cara evaluasi diri sendiri.
- Implikasi dari asumsi tentang pengalaman
- proses belajar ditekankan kepada teknik yang sifatnya menyadap pengalaman, seperti diskusi, metode kasus, simulasi, latihan praktek, metode proyek, demonstrasi, bimbingan dan seminar.
- Penekanan dalam proses belajar pada aplikasi praktis.
- Penekanan dalam proses belajar adalah belajar dari pengalaman.
- Implikasi dari asumsi tentang kesiapan belajar
- Urutan kurikulum dalam proses belajar orang dewasa disusun berdasarkan tugas perkembangannya dan bukan disusun berdasarkan urutan logik mata pelajaran atau berdasarkan kebutuhan kelembagaan.
- Adanya konsep mengenai tugas-tugas perkembangan pada orang dewasa akan memberikan petunjuk dalam belajar secara kelompok.
- Implikasi dari asumsi tentang orientasi terhadap belajar
- Para pendidik orang dewasa bukanlah berperan sebagai seorang guru yang mengajar mata pelajaran tertentu, tetapi ia berperan sebagai pemberi bantuan kepada orang yang belajar.
- Kurikulum dalam pendidikan untuk orang bdewasa tidak diorientasikan kepada mata pelajaran tertentu, tetapi berorientasi kepada masalah.
- Oleh karena orang dewasa dalam belajar berorientasi pada masalah maka pengalaman belajar yang dirancang berdasarkan pula kepada masalah atau perhatian yang ada pada benak mereka.
Sumber: Pendidikan Orang Dewasa dari Teori Hingga Aplikasi (Dr. Ir. Suprijanto)
0 komentar:
Posting Komentar