Kamis, 20 Maret 2014

Objek dalam Pelaksanaan Pengajaran Pedagogi


Obyek pedagogi adalah “kenyataan pendidikan”. Penelitian tentang kenyataan pendidikan tersebut terbagi menjadi bagian-bagian mendasar berikut ini:
1. Peneliti pendidikan menelurkan “persepsi tentang pendidikan”. Dilihat dari berbagai sudut pandang sebuah esensi pendidikan, seorang pedagogi menyelidiki pertanyaan tentang pengaruh yang diterima anak/peserta didik sesuai tipe dan cara pendidikan.
2. Peneliti pendidikan memikirkan “hubungan antar pendidik dan peserta didik”. Sebuah pendidikan terjadi ketika ada hubungan timbal balik antar pendidik dan yang menerima pendidikan (peserta didik).
3. Peneliti pendidikan membuat “pernyataan tentang maksud dan tujuan dari pendidikan”. Pendidikan tidak selalu terjadi dengan kemauan sendiri, akan tetapi diikuti dengan maksud dan tujuang pendidikan. Ahli pedagogi mempunyai tugas memperkenalkan dan menerangkan tujuan pendidikan.
4. Peneliti pendidikan mendefinikan “pemikiran tentang aktifitas dalam pendidikan”. Tujuan dari pendidikan adalah perubahan yang dialami penerima didikan sesuai dengan maksud dan tujuan sang pendidik. Hal ini akan menimbulkan pertanyaan aktifitas yang bagaimana yang sesuai dengan tujuan diatas.
5. Peneliti pendidikan meneliti “kondisi pendidikan”. Lebih jauh dalam tema ini akan diteliti aspek seberapa jauh kemungkinan belajar dan pendidikan, dan perlunya belajar dan pendidikan (kenapa manusia harus dididik).
6. Peneliti pendidikan menanalisa dan membuat dasar-dasar “syarat-syarat pendidikan”. Pendidikan terjadi dalam situasi kongkrit dimana lingkungan dan manusia yang terlibat memberi pula dampaknya.
7. Terakhir para peneliti pendidikan berkutat dengan “institusi pendidikan”. Pendidikan terjadi di institusi seperti keluarga, taman kanak-kanak, rumah, sekolah, dan sebagainya, dimana masing-masing institusi mempunyai karakter pedagogiknya masing-masing.

sumber: www.psikoducation.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar